Selasa, 16 Oktober 2012

ptk: kemampuan membaca aud

PROPOSAL PENELITIAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA  5-6 TAHUN MELALUI MEDIA STIKER ALFABET                                                                                     
(PTK di TK DHARMA WANITA 02 PEGANDAN,   Juli 2011)

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Dalam Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Oleh :
Nama               : Richa Fitriani
NPM                : 09262256-ST
Jurusan            : PG. PAUD

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
VETERAN SEMARANG
2012

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Kemampuan membaca adalah salah satu fungsi kemanusiaan yang tertinggi dan menjadi pembeda manusia dengan makhluk lain. Di dunia modern saat ini, kemampuan membaca dapat menentukan kualias seorang manusia. Banyak membaca dapat menjadikan seseorang memiliki ilmu pengetahuan luas, bijaksana, dan memilik nilai-nilai lebih dibandingkan orang yang tidak membaca sama sekali, sedikit membaca atau hanya membaca bacaan tidak berkualitas. Baca atau membaca dapat dirtikan sebagai kegiatan menelusuri, memahami, hingga mengeksplorasi berbagai simbol. Simbol dapat berupa rangkaian huruf-huruf, dalam suatu tulisan atau bacaan, bahkan gambar.
Walaupun membaca diartikan demikian, tetapi secara khusus membaca diartikan mengerti tulisan. Sekarang bagaimana menjadikan anak mampu membaca dengan baik? Untuk menjadikan anak mampu membaca yang terpenting dilakukan orangtua dan guru adalah memilih media atau sarana yang dapat membantu mengasah kemampuannya dengan cara yang menyenangkan.
Pendidikan di Taman Kanak-Kanak dilaksanakan dengan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain sesuai dengan perkembangan anak didik (Anonymous, 2001:5). Pelaksanaan pendidikan tersebut harus terencana, terprogram dan tetap memperhatikan tingkat perkembangan anak. Penggunaan strategi, metode dan sumber/media belajar mengajar harus disesuaikan dengan kebutuhan, minat dan kemampuan anak didik.
Membaca dalam proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Membaca merupakan sarana utama bagi seorang anak untuk mengasah keingintahuannya. Anak-anak yang memiliki kemampuan membaca yang baik pada umumnya memiliki kemampuan yang baik pula dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan serta tindakan interaktif dengan lingkungannya. Oleh karena itu, perkembangan kemampuan membaca anak dalam proses pembelajaran harus memperoleh perhatian yang serius bagi pendidik (utamanya guru dan orangtua atau keluarga). Perkembangan kemampuan membaca anak dapat diamati melalui kemampuan bercerita, bercakap-cakap, membaca puisi, menyanyi dan sebagainya, yang kesemuanya ini dapat diperoleh dari berbagai sumber baik melalui bahan bacaan, diceritakan orang lain atau mendengar siaran-siaran media masa baik lewat radio atau televisi. Upaya untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di Taman Kanak-Kanak dapat dilakukan melalui berbagai cara dan tahapan-tahapan tertentu.
Dalam rangka untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka perlu adanya usaha yang harus dilakukan secara bertahap. Karena membaca merupakan proses yang lebih rumit dibandingkan dengan proses komunikasi lisan. Hal tersebut menunjukkan rendahnya tingkat penguasaan materi anak terhadap pembelajaran. Dari 20 anak yang berhasil hanya 5 anak, baru mencapai 25%. Itu yang terjadi di TK --------------------------------Pati.
Oleh karena itu usaha awal yang harus ditempuh guru TK --------------- membentuk kebiasaan dan kegemaran membaca melalui media yang dipilih dengan tujuan anak dapat tertarik minat bacanya sejak dini. Media itu adalah stiker alfabet agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tentunya lebih meningkatkan hasil kemampuan membaca siswa di TK---------------- dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) agar mencapai ketuntasan > 75%.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5 Tahun melalui Media Stiker Alfabet di TK----------------------------------------”.

B.     IDENTIFIKASI MASALAH
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran aspek bahasa mengalami berbagai masalah yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam memahami materi. Dari kejadian tersebut penulis mendiskusikan dengan teman sejawat sehingga diperoleh hasil identifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Guru terlalu lama memberikan materi.
2.      Guru kurang menyediakan fasilitas pembelajaran yang berupa alat peraga.
3.      Siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
4.      Siswa kurang respon terhadap pertanyaan guru.
5.      Hanya siswa yang pandai yang cepat selesai mengerjakan tugasnya.

C.    PEMBATASAN MASALAH
Untuk menghindari pengembangan masalah yang terlalu luas, maka penelitian ini dibatasi permasalahannya yaitu yang berkaitan dengan meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui media stiker alfabet di TK -------------------------------------- Pati. Penelitian ini dikenakan pada anak dengan jumlah 20 di Taman Kanak-Kanak ---------------------------------- Pati.

D.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, identifikasi masalah dan batasan masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Bagaimana meningkatkan pemahaman anak dalam membaca melalui stiker alfabet?

E.     TUJUAN PENELITIAN
Setiap tindakan ataupun kegiatan manusia di dunia pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca anak melalui media stiker alfabet di TK ----------------------------- Pati.

F.     MANFAAT PENELITIAN
Dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan perbaikan pembelajaran, diperoleh banyak sekali manfaat bagi siswa, guru dan sekolah.
1.      Secara Teoritis
a.       Sebagai pendorong untuk meningkatkan pelaksanaan pendidik sehingga dapat menjadi produk pengetahuan bagi orangtua dan guru.
b.      Sebagai informasi pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak terutama membaca.
2.      Secara Praktis
a.       Manfaat bagi siswa
1)      Meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar anak dalam aspek pembelajaran bahasa.
2)      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep perkembangan bahasa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Manfaat bagi guru
1)      Memperoleh wawasan dalam memilih dan menggunakan alternative pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi bahasa, khususnya membaca.
2)      Menambah wawasan dan kemampuan guru dalam melaksanakan perencanaan dan evaluasi kemampuan siswa.
3)      Dapat memperbaiki proses pembelajaran dan mengembangkan profesionalisme keguruan.
c.       Manfaat bagi sekolah
1)      Siswa yang bersangkutan akan lebih maju karena siswa dan gurunya sama-sama memiliki kemampuan yang bagus.
2)      Sekolah tidak akan enggan atau ragu untuk melengkapi fasilitas sarana dan prasaran demi tuntutan kemajuan zaman.
3)      Sekolah dipercaya dan didukung oleh masyarakat jika mutu atau SDM siswa dan gurunya bagus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar