PROPOSAL PENELITIAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK
USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA STIKER
ALFABET
(PTK di
TK DHARMA WANITA 02 PEGANDAN, Juli 2011)
Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian
Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Dalam Program Studi Pendidikan
Anak Usia Dini
Oleh :
Nama : Richa
Fitriani
NPM : 09262256-ST
Jurusan : PG. PAUD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
VETERAN SEMARANG
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kemampuan membaca adalah salah satu fungsi
kemanusiaan yang tertinggi dan menjadi pembeda manusia dengan makhluk lain. Di
dunia modern saat ini, kemampuan membaca dapat menentukan kualias seorang
manusia. Banyak membaca dapat menjadikan seseorang memiliki ilmu pengetahuan
luas, bijaksana, dan memilik nilai-nilai lebih dibandingkan orang yang tidak
membaca sama sekali, sedikit membaca atau hanya membaca bacaan tidak
berkualitas. Baca atau membaca dapat dirtikan sebagai kegiatan menelusuri,
memahami, hingga mengeksplorasi berbagai simbol. Simbol dapat berupa rangkaian
huruf-huruf, dalam suatu tulisan atau bacaan, bahkan gambar.
Walaupun membaca diartikan demikian, tetapi secara
khusus membaca diartikan mengerti tulisan. Sekarang bagaimana menjadikan anak
mampu membaca dengan baik? Untuk menjadikan anak mampu membaca yang terpenting
dilakukan orangtua dan guru adalah memilih media atau sarana yang dapat
membantu mengasah kemampuannya dengan cara yang menyenangkan.
Pendidikan
di Taman Kanak-Kanak dilaksanakan dengan prinsip bermain sambil belajar atau
belajar seraya bermain sesuai dengan perkembangan anak didik (Anonymous,
2001:5). Pelaksanaan pendidikan tersebut harus terencana, terprogram dan tetap
memperhatikan tingkat perkembangan anak. Penggunaan strategi, metode dan
sumber/media belajar mengajar harus disesuaikan dengan kebutuhan, minat dan
kemampuan anak didik.
Membaca
dalam proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Membaca
merupakan sarana utama bagi seorang anak untuk mengasah keingintahuannya.
Anak-anak yang memiliki kemampuan membaca yang baik pada umumnya memiliki
kemampuan yang baik pula dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan serta tindakan
interaktif dengan lingkungannya. Oleh karena itu, perkembangan kemampuan
membaca anak dalam proses pembelajaran harus memperoleh perhatian yang serius
bagi pendidik (utamanya guru dan orangtua atau keluarga). Perkembangan kemampuan
membaca anak dapat diamati melalui kemampuan bercerita, bercakap-cakap, membaca
puisi, menyanyi dan sebagainya, yang kesemuanya ini dapat diperoleh dari
berbagai sumber baik melalui bahan bacaan, diceritakan orang lain atau
mendengar siaran-siaran media masa baik lewat radio atau televisi. Upaya untuk
mengembangkan kemampuan berbahasa anak di Taman Kanak-Kanak dapat dilakukan
melalui berbagai cara dan tahapan-tahapan tertentu.
Dalam
rangka untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka perlu adanya usaha yang harus
dilakukan secara bertahap. Karena membaca merupakan proses yang lebih rumit
dibandingkan dengan proses komunikasi lisan. Hal tersebut menunjukkan rendahnya
tingkat penguasaan materi anak terhadap pembelajaran. Dari 20 anak
yang berhasil hanya 5 anak, baru mencapai 25%. Itu
yang terjadi di TK --------------------------------Pati.
Oleh
karena itu usaha awal yang harus ditempuh guru TK --------------- membentuk kebiasaan dan kegemaran membaca melalui media yang dipilih dengan tujuan anak dapat tertarik minat bacanya sejak dini. Media
itu adalah stiker alfabet agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan
dan tentunya lebih
meningkatkan hasil kemampuan membaca siswa di
TK----------------
dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) agar mencapai ketuntasan >
75%.
Berdasarkan
uraian tersebut di atas, maka penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Membaca Anak Usia 5 Tahun melalui Media
Stiker Alfabet di TK----------------------------------------”.
B.
IDENTIFIKASI
MASALAH
Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran aspek bahasa mengalami berbagai masalah yang
sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam memahami materi. Dari
kejadian tersebut penulis mendiskusikan dengan teman sejawat sehingga diperoleh
hasil identifikasi masalah sebagai berikut :
1. Guru terlalu lama
memberikan materi.
2. Guru kurang
menyediakan fasilitas pembelajaran yang berupa alat peraga.
3. Siswa kurang aktif
dalam pembelajaran.
4. Siswa kurang respon
terhadap pertanyaan guru.
5. Hanya siswa yang
pandai yang cepat selesai mengerjakan tugasnya.
C.
PEMBATASAN
MASALAH
Untuk menghindari pengembangan masalah yang terlalu
luas, maka penelitian ini dibatasi permasalahannya yaitu yang berkaitan dengan meningkatkan
kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui media stiker alfabet di TK -------------------------------------- Pati. Penelitian
ini dikenakan pada anak dengan jumlah 20 di Taman Kanak-Kanak ---------------------------------- Pati.
D.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan
uraian pada latar belakang masalah, identifikasi masalah dan batasan masalah,
maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Bagaimana
meningkatkan pemahaman anak dalam membaca melalui stiker alfabet?
E.
TUJUAN
PENELITIAN
Setiap tindakan ataupun kegiatan manusia di dunia
pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui kemampuan membaca anak melalui media stiker alfabet di TK ----------------------------- Pati.
F.
MANFAAT
PENELITIAN
Dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan perbaikan pembelajaran, diperoleh banyak sekali manfaat bagi siswa, guru
dan sekolah.
1.
Secara Teoritis
a.
Sebagai pendorong untuk meningkatkan pelaksanaan pendidik sehingga dapat
menjadi produk pengetahuan bagi orangtua dan guru.
b.
Sebagai informasi pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak
terutama membaca.
2.
Secara Praktis
a.
Manfaat bagi siswa
1)
Meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar anak dalam aspek pembelajaran
bahasa.
2)
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep
perkembangan bahasa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Manfaat bagi guru
1)
Memperoleh wawasan dalam memilih dan menggunakan alternative pembelajaran
yang tepat dalam menyampaikan materi bahasa, khususnya membaca.
2)
Menambah wawasan dan kemampuan guru dalam melaksanakan perencanaan dan
evaluasi kemampuan siswa.
3)
Dapat memperbaiki proses pembelajaran dan mengembangkan profesionalisme
keguruan.
c.
Manfaat bagi sekolah
1)
Siswa yang bersangkutan akan lebih maju karena siswa dan gurunya sama-sama
memiliki kemampuan yang bagus.
2)
Sekolah tidak akan enggan atau ragu untuk melengkapi fasilitas sarana dan
prasaran demi tuntutan kemajuan zaman.
3)
Sekolah dipercaya dan didukung oleh masyarakat jika mutu atau SDM siswa dan
gurunya bagus.
boleh minta file lengkapnya donk
BalasHapusBoleh minta file lengkapnya??
BalasHapusBoleh minta file lengkapnya 🙏🙏
BalasHapus